Nasa Coba Rambah Matahari


Belum puas meneliti tata surya, lagi-lagi meluncurkan misi baru untuk mempelajari Matahari. Mereka masih penasaran tentang apa saja yang ada di Matahari. Interface Region Imaging Spectrograph atau IRIS coba mengamati bagaimana materi di matahari mengumpulkan energi dan memanas saat melewati atmosfer bawah matahari. Para ilmuwan ingin mengetahui bagaimana lapisan korona dapat seribu kali panas dari permukaan matahari, sehingga mereka menyiapkan misi untuk mempelajari apa yang disebut wilayah antarmuka, atau antara fotosfer dan korona pada matahari. Energi dan plasma yang mengalir melalui wilayah antarmuka berdampak pada manusia di Bumi. Wilayah ini merupakan sumber emisi ultraviolet dari matahari, yang mempengaruhi iklim planet kita, dan lingkungan antariksa dekat Bumi. Energi yang menembus wilayah antarmuka mendorong angin surya. Untuk itulah IRIS, sebuah satelit kecil dengan kemampuan melakukan pengamatan matahari secara kompleks. Tujuan misi ini adalah menemukan proses fisik dasar yang memindahkan energi dan materi dari permukaan matahari ke atmosfer luar dan korona.

Resolusi Tinggi, Kamera Nasa

Dijelaskan, IRIS dirancang memiliki kemampuan unik untuk mengungkap wilayah antarmuka dengan menyediakan gambar beresolusi tinggi dan jenis data yang dikenal sebagai spectrum. Misi bernilai USD181 juta ini akan memakan waktu kurang lebih dua tahun, meski para ilmuwan mengatakan satelit surya itu dapat berfungsi lebih lama. Pengamatan sebelumnyya menunjukkan ada struktur di atmosfer matahari hanya 100 atau 150 mil, namun memiliki panjang 100 ribu.

Semburan Terkuat, NASA Solar Dynamics Observatory

Matahari sempat melepaskan pancaran terkuat pada juni 2013. Letusan besar tersebut termasuk kategori X kelas 1,7 dan tertangkap kamera NASA Solar Dynamics Observatory karena memicu frekuensi tinggi dan memadamkan sinyal radio selama satu jam. Solar flare merupakan semburan kuat radiasi yang bisa melepaskan materi berbahaya melalui ruang angkasa menuju Bumi. Fenomena ini diklasifikasikan berdasarkan intensitasnya. Flare terlemah dikenal sebagai flare kelas A diikuti B, C dan M. Sedangkan semburan terkuat diberi label X selain itu flare dapat menimbulkan berbagai bahaya bagi manusia. Selain itu Flare dapat menimbulkan cahaya dikutub atau yang biasa disebut aurora.
Nasa Coba Rambah Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Angelo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar